Recent comments

  • Breaking News

    Akses Sulit Ditempuh, Kebakaran di Bukit Ampan Sulit Dipadamkan

    Saat Kapolres Kapuas Hulu dan Dandim 1206/Psb meninjau langsung lokasi kebakaran di Bukit Ampan.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Tempat Wisata Bukit Ampan, Desa Permata, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu terbakar. Kejadian itu diduga terjadi pada hari Rabu (18/7/2018) sekitar pukul 03.00 WIB dinihari.

    Ketika mendapat laporan tersebut, Kapolres Kapuas Hulu AKBP R. Siswo Handoyo, SIK, M.Si bersama Dandim 1206/Psb, Letkol Inf M Ibnu Subroto langsung berangkat ke lokasi. Keduanya tiba dilokasi pada Rabu malam.

    Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Siswo Handoyo menuturkan, api di lokasi tersebut belum bisa dipadamkan karena lokasi kebakaran ada di puncak bukit. Sementara akses untuk menuju ke atas bukit ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 (dua) jam dan hanya bisa dilewati dengan jalan setapak.

    "Ini tidak memungkinkan untuk kendaraan damkar masuk ke lokasi, dan sampai saat ini belum di ketahui penyebab pasti terjadinya Kebakaran tersebut," terang Kapolres sebagaimana rilis yang diterima uncak.com, Kamis (19/7/2018).
    Puncak Bukit Ampan yang terbakar.
    Terkait kronologis kejadian, Kapolres menjelaskan, sekitar Pukul 08.30 WIB, Kades Permata, Kecamatan Pengkadan Sahadi melapor Ke Polsek Pengkadan terkait kejadian kebakaran itu.

    Lalu sekitar pukul 09.00 WIB, anggota Polri dan TNI melaksanakan rapat Koordinasi dengan Camat Pengkadan mengenai Kebakaran yang terjadi di Tempat Wisata Bukit Ampan desa Permata. Pukul 10.00 WIB, anggota polsek Pengkadan beserta pihak TNI, Pihak Kecamatan dan masyarakat Desa Permata meninjau lokasi Kebakaran, tatapi kegiatan pemadaman belum bisa dilakukan, sebab lokasi yang terjal dan jarak tempuh menuju lokasi memakan waktu kurang lebih dua jam dan hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki.

    "Melihat situasi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan Pemadaman api, pihak Polsek langsung menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga api agar tidak merambat ke permukiman  dan Perkebunan warga," jelas Kapolres.

    Selanjutnya Pukul 18.00 WIB, tim gabungan Polres Kapuas Hulu, Kodim 1206/psb, Pemda, Tagana dan Mobil damkar Pemda Kapuas Hulu tiba di Desa Permata.

    "Pukul 19.00 WIB, saya dan pak Dandim tiba di Desa Permata, bersama tim gabungan langsung meninjau titik api dari Jalan Tani Masyarakat Desa Permata, Setelah dicek hingga saat ini kebakaran terus meluas di bukit ampan, namun masih jauh dari permukiman warga. Peninjauan titik api selesai pukul 20.00 WIB," ungkap Kapolres.

    Untuk hari ini (Kamis, 19/7/2018), lanjut Kapolres, tim gabungan bersama masyarakat Desa Permata akan pergi ke TKP. Selanjutnya akan melakukan upaya pemadaman.

    Editor: Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    KPU

    Post Bottom Ad

    Dirgahayu RI
    Computer Pro
    Dirgahayu RI