Recent comments

  • Breaking News

    35 Siswa dan 9 Guru SMAN 1 Putussibau Kunjungi Budidaya Ikan Arwana

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Sedikitnya 35 siswa-siswi dan 9 (sembilan) orang guru SMA Negeri 1 Putussibau melakukan kunjungan ke dunia usaha budidaya ikan arwana (siluk) milik Agus Setiawan yang terletak di Desa Jaras, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (11/10/2018) pagi.

    Kunjungan ke dunia usaha budidaya ikan arwana itu merupakan satu di antara program SMA rujukan tahun 2018. Di mana bertujuan untuk pelaksanaan pemantapan kewirausahaan.

    "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa. Di mana siswa dapat mengetahui tentang cara membudidayakan ikan arwana. Mulai dari pembibitan, pemeliharaannya, kendala-kendala dan cara mengatasinya hingga pemasaran ikan arwana," ujar Evi, guru prakarya dan kewirausahaan SMAN 1 Putussibau, Jumat (12/10).

    Dijelaskan Evi, ada tiga kegiatan dalam kunjungan tersebut. Pertama, seluruh siswa dan guru diajak oleh pemilik usaha untuk melihat seluruh kolam ikan arwana yang berada di lahan seluas 16 hektar. Kedua, tanya jawab tentang pembudidayaan ikan arwana dan ketiga, siswa dan guru juga diajak melihat ikan di aqurium.

    Evi mengatakan, dalam kegiatan tanya jawab tersebut, para siswa terlihat sangat antusias mengajukan pertanyaan tentang pertama kali pemilik usaha budidaya ikan arwana menekuni usaha tersebut.

    Adapun pertanyaan lanjut Evi, yakni tentang pemeliharaan, kendala-kendala, dan solusinya, serta pemasarannya.

    "Bukan hanya siswa yang antusias bertanya, namun guru juga antusias dalam bertanya seputar budidaya arwana," terang Evi.

    Sementara itu, Kepala SMAN 1 Putussibau, M. Djusanudin berharap kepada para siswa, agar kegiatan itu bermanfaat bagi mereka sehingga siswa dapat menyerap ilmu dalam memelihara ikan arwana.

    "Ikan arwana ini merupakan ikan khas dan asli dari Kapuas Hulu. Semoga kelak para siswa bisa melestarikan dan membudidayakan ikan tersebut," harap Djusanudin.

    Penulis: Jurnalisme SMANSA
    Editor  : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro