Recent comments

  • Breaking News

    Perbatasan Nanga Badau Jadi Perhatian Khusus Kapolda

    Kapolda Kalbar saat tiba di Bandara Pangsuma Putussibau dan disambut oleh Forkopimda Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com – Pada Bulan Oktober 2018 ini, 4 (empat) Polres dan dua wilayah perbatasan Negara di Kalimantan Barat disambangi Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Didi Haryono, S.H. M.H, Kamis (25 /10/2018).

    Orang nomor satu di Polda Kalbar itu mendarat di Kabupaten Kapuas Hulu. Dimana Kabupaten tersebut memiliki pintu perbatasan negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau.

    Setibanya di Bandar udara (Bandara) Pangsuma Putusibau, langsung disambut oleh Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir, S.H dan Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu.

    Kegiatan Kapolda tersebut diawali dengan bertatap muka dengan Forkopimda di Aula Bandara Pangsuma. Beberapa Poin penting dibahas terkait kalender kamtibmas 2018 di Kabupaten Kapuas Hulu.

    Acara dilanjutkan dengan tatap muka bersama anggota di Mapolres Kapuas Hulu.

    Kapolres Kapuas Hulu AKBP R. Siswo Handoyo memaparkan situasi kesatuan wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu yang memiliki 14 Polsek. Dimana satu Polsek di antaranya memiliki pintu masuk perbatasan negara di PLBN Nanga Badau.

    Sementara itu, Kapolda Kalbar memberikan arahan kepada anggota Polres Kapuas Hulu dan jajarannya. Poin utama yang menjadi perhatian terkait kejahatan narkoba melalui lintas batas negara, dan pengamanan wilayah kawasan perbatasan negara.

    Irjen Pol. Drs. Didi Haryono menjelaskan, sudah beberapa kasus penyelundupan narkoba di Pontianak terungkap yang masuk melalui perbatasan. Demikian pula masuknya barang ilegal yang berhasil diproses penyidikan di Polda Kalbar.

    “Barang itu diduga masuk melalui jalur jalan tikus atau jalan hutan menuju Kecamatan di wilayah perbatasan tujuan Kota Kabupaten menuju Kota Pontianak,” katanya.

    Menurutnya, Polda Kalbar mempunyai program 100 hari, bahkan sudah selesai tahap-III. Dia mengatakan, banyak pencapaian pada setiap tahapnya, terutama dalam bidang penegakkan hukum yang berhasil mengungkap kejahatan-kejahatan konvensional yang berdampak langsung terhadap kamtibmas terutama curat, curas, curanmor dan narkoba.

    “Melalui Press Conference, setiap capaian kegiatan penegakkan hukum telah kita sampaikan kepada media massa, sehingga masyarakat mengetahui kinerja anggota di lapangan,” ungkapnya.

    Dijelaskannya, comander wish Kapolri menjadi atensi jajaran Polda Kalbar, yang dijabarkan dalam hakikat tugas Polri sebagai pemelihara Kamtibmas, yakni memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat juga sebagai penegak hukum.

    “Melalui setiap tahapan program 100 hari kerja Polda Kalbar, hal tersebut kita bersama wujudkan dengan semboyan Polda Kalbar Berkibar (berkerja dengan benar) dengan komitmen zero ilegal dan zero tolerance,” terangnya.

    Lebih lanjut Kapolda mengatakan, tugas Polri sangat mulia, dimana mengandung nilai-nilai agama dan ilahiah, yakni menegakkan kebenaran dan mencegah kejahatan. Untuk itu, Irjen Pol Drs Didi Haryono mengajak anggota, bekerjalah dengan baik dan ikhlas.

    “Raih kepercayaan masyarakat sebagaimana harapan Polri. Tebarkan terus perilaku yang baik, begitu juga benahi perilaku dan budaya anggota yang belum baik, jaga integritas diri anggota, jaga kehormatan keluarga dan jaga kehormatan institusi Polri," tegasnya.

    Irjen Pol Drs Didi Haryono mengungkapkan, kepercayaan publik saat ini semakin meningkat terhadap Polri.  Untuk itu, Ia berharap, tingkatkan terus kinerja dan berjuang untuk mendapat public Trust.

    “Kapolri telah mencanangkan Program Promoter (Profesional, Modern, Terpercaya) ini harus kita laksanakan dengan kemauan dan kemampuan. Begitu juga pimpinan Polri menekankan Management Media untuk dikelola dengan baik, semua anggota mengenal media sosial dan media online. Masyarakat di dunia maya harus kita jaga dan kita pantau. pemberitaan hoax harus segera diluruskan, menghadapi perilaku yang hanya suka memberitakan kejelekan, kita harus sabar dan luruskan dengan informasi yang benar,” ucapnya

    Terkait pembinaan sumber daya personel,  Irjen Pol Drs Didi Haryono menekankan Biro SDM Polda untuk meningkatkan kemampuan Kompetensi anggota. Profesionalisme dan integritas personel menjadi acuan dalam memberikan penghargaan kepada anggota.

    “Legalitas dan Legitimasi sangat diperkukan, agar totalitas kinerja tidak terganggu,”.

    Begitu juga lembaga pendidikan SPN Pontianak yang saat ini sedang mendidik hampir 300 Siswa Bintara Polri menjadi pantauan khusus Kapolda agar SPN mampu melahirkan Polisi yang baik. “Saat selesai pendidikan mereka harus hitam, kurus dan sehat.

    Begitu juga terkait pelayanan Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, ia memerintahkan jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik, apalagi Reskrim dalam mengelola managemen penyelidikan dan penyidikan, totalitas dan loyalitas kinerjanya sangat menentukan kepuasan pencari keadilan.

    Polres Kapuas Hulu memiliki Polsek yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.  Dikatakan Irjen Pol Drs Didi Haryono, bahwa negara telah memberi reward tunjangan khusus bagi anggota yang bertugas diperbatasan, maka dari itu tunjukan kinerja yang baik, ukir prestasi dengan mampu mencegah dan mengungkap apabila terjadi kejahatan lintas batas,” ujarnya.

    Untuk diketahui, Irjen Pol Drs Didi Haryono, dan Ketua PD Bhayangkari Kalbar serta rombongan melanjutkan perjalanan darat 3,5 Jam menuju Desa Lanjak Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka menghadiri rangkaian kegiatan pembukaan acara Festival Danau Sentarum 2018.

    Di antaranya menghadiri pembukaan kontes Arwana Super Red, dan karnaval minum Madu. Keesokan harinya, Jumat, 26 Oktober 2018, melihat situasi area perkebunan sawit PT. Sinar Mas Group di wilayah perbatasan Badau dan meninjau PLBN Nanga Badau.

    Sumber: Humas Polda/Polres KH
    Editor   : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro