Recent comments

  • Breaking News

    GOW Kapuas Hulu Gelar Lomba Celoteh Anak dan Rangking 1

    Suasana saat lomba rangking 1 tingkat SD.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka perayaan HUT Gabungan Organisasi Wanita (GOW) ke-17 dan peringatan Hari Ibu ke-90, GOW Kabupaten Kapuas Hulu menggelar lomba celoteh anak dan lomba Rangking 1.

    Lomba rangking 1.
    Lomba itu dilaksanakan di halaman upacara dan ruang kelas SMA Negeri 1 (SMANSA) Putussibau, Minggu (18/11/2018).

    Ketua panitia Pelaksana Syarifah Zulaiha, S.Pd menyatakan, khusus lomba rangking 1, baru pertama kalinya diadakan di Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Lomba rangking 1 ini bertujuan agar anak-anak dapat menimba ilmu lebih dalam lagi supaya bisa lebih percaya diri, karena ini terkait tentang penulisan. Dimana jawabannya hanya menggunakan huruf kapital (huruf besar). Selain itu, ajang ini juga merupakan ajang untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi," ujarnya saat ditemui wartawan, Minggu.

    Menurutnya, masih banyak anak-anak yang belum mengenal apa itu huruf kapital.

    "Pertanyaan (soal) ilmu pengetahuan yang dilombakan untuk tingkat SD, kami selaku pihak panitia mengambilnya dari lima mata pelajaran umum, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PPKN," terangnya.

    Sedangkan soal untuk tingkat SMP dan SMA lanjut Syarifah, juga diambil dari bidang umum.

    "Untuk soal tingkat SMP, yakni tentang narkoba dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Sedangkan untuk tingkat SMA, yakni tentang pemilih pemula karena ini terkait Pemilu 2019 mendatang, jadi, soalnya pun berkaitan dengan Pemilu, makanya diikuti oleh siswa-siswi kelas XI dan XII," tuturnya.

    Dijelaskan Syarifah, lomba rangking 1 yang diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD, SMP dan SMA tersebut berjumlah 276 peserta.

    "Meskipun berbeda tingkatan, tapi sistem yang diterapkan dalam lomba tersebut, tidak berbeda (sama), yakni semua penulisan menggunakan huruf kapital," jelasnya.

    Suasana saat lomba celoteh anak.
    Untuk lomba celoteh anak, Syarifah menjelaskan bahwa lomba tersebut hanya diikuti oleh anak-anak tingkat TK/PAUD saja.

    "Lomba celoteh anak ini diikuti oleh 17 peserta, dengan tujuan agar anak-anak bisa mandiri. Dimana, dia akan bercerita semampu dia tanpa teks (catatan/konsep) atau tanpa menghafal, tapi terserah atau semau dia bercerita. Panitia hanya memberi judul dan gurunya hanya sebatas membimbing saja. Adapun judul dalam lomba celoteh anak ini yakni berjudul IBU," ungkap Syarifah.

    Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, Syarifah berharap, agar lebih menambah ilmu pengetahuan terhadap anak-anak, sehingga anak-anak mampu berprestasi dan mandiri.

    Dalam lomba tersebut, peserta jenjang TK/PAUD dan SD, didampingi oleh orang tua (ibu)nya dan guru pembimbingnya masing-masing, sehingga suasana sangat antusias.

    Untuk diketahui, selain lomba celoteh anak dan rangking 1, GOW Kabupaten Kapuas Hulu juga akan mengadakan berbagai lomba lainnya, diantaranya lomba jalan sehat yang akan diselenggarakan pada 24 November 2018 mendatang, dan lomba lari sarung antar organisasi wanita yang akan diselenggarakan pada keesokan harinya (25 November 2018), bertempat di halaman kantor Bupati Kapuas Hulu.

    Sebagai acara puncak, GOW Kabupaten Kapuas Hulu akan menyelenggarakan perayaan HUT GOW ke 17 dan peringatan hari Ibu ke 90 pada 18 Desember 2018 mendatang, bertempat di Rumah MABM Kapuas Hulu.
    [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro