Recent comments

  • Breaking News

    IP2SB Akan Buka Wawasan Generasi Muda dari Ancaman Budaya Luar

    Timotius, Sekretaris Ikatan Pena Peduli Sosial Budaya (IP2SB) Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Ikatan Pena Peduli Sosial Budaya (IP2SB) Kabupaten Kapuas Hulu, akan menggelar sosialisasi dampak dan pengaruh budaya luar terhadap generasi muda perbatasan Indonesia - Malaysia di Kapuas Hulu.

    Sekretaris IP2SB Kapuas Hulu, Timotius, menyatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membuka wawasan generasi muda dari ancaman budaya luar yang berdampak terhadap pergaulan generasi muda di Kabupaten Perbatasan.

    "Tanpa disadari, budaya luar sudah sangat berdampak negatif terhadap pertumbuhan kaum muda yang terjerumus dalam pergaulan bebas seperti seks bebas, narkoba, minuman keras dan penyalahgunaan teknologi," ujar Timotius yang juga merupakan Jurnalis Kantor Berita Indonesia (Antara) itu, kepada Uncak.com di Putussibau, Kamis (29/11/2018).

    Dijelaskan Timotius, perkembangan teknologi yang tidak terbendung mengakibatkan hilangnya norma-norma kesopanan dalam pergaulan generasi muda di tengah masyarakat. 

    "Hal itu diakibatkan ketergantungan generasi muda terhadap handphone (HP) dengan memperbanyak aktivitas di media sosial seperti game online yang bisa memicu tindak kejahatan (kriminal)," jelasnya.

    Bahkan, menurut pria yang juga dikenal sebagai tokoh pemuda perbatasan itu menilai, Kabupaten Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Malaysia, sangat rentan dengan pengaruh negatif budaya asing.

    "Beberapa kali penyelundupan narkoba dan minuman keras, justru melalui jalur tidak resmi di perbatasan,' ungkapnya.

    Timotius berharap, dengan diadakannya sosialisasi terhadap dampak dan pengaruh budaya luar yang tanpa disadari itu, dapat mengubah pola pikir generasi muda untuk bersama-sama membentengi diri terhadap pengaruh budaya luar.

    "Kita prihatin, banyak yang lebih mengenal dunia luar ketimbang daerahnya sendiri. Bahkan mungkin nama Kecamatan dan jumlah desa di Kapuas Hulu saja banyak yang belum tahu. Itu karena tidak adanya kepedulian generasi muda untuk mengenal daerahnya sendiri," tuturnya.

    Lebih lanjut Timotius menerangkan, sosialisasi tersebut, akan dilaksanakan di Pondok Aren Putussibau, Jalan Lintas Selatan, Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan, Sabtu (1/12/2018).

    "Kami mengundang seluruh organisasi kepemudaan di Kapuas Hulu, serta kalangan muda seperti pelajar tingkat SMA/Sederajat dan mahasiswa yang ada di wilayah Kota Putussibau dengan jumlah ratusan orang peserta," terangnya.

    Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut, yakni dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Kominfo Kapuas Hulu, dan Polres Kapuas Hulu.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro