Recent comments

  • Breaking News

    Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

    Gunung Tangkuban Parahu alami erupsi.
    JAWA BARAT, Uncak.com - Telah terjadi erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat pada tanggal 26 Juli 2019 pukul 15:48 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak (kurang lebih 2.284 meter di atas permukaan laut).

    Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi sekitar 5 menit 30 detik.

    Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal) dengan rekomendasi:

    Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

    Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata Gunung Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan  tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas.

    Sumber: (KESDM, Badan Geologi, PVMBG
    Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu).
    https://magma.vsi.esdm.go.id/

    Editor: Amr

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan