Recent comments

  • Breaking News

    Operasi Patuh 2019, Sarana Edukasi Bukan Cari Kesalahan Pengendara

    Suasana saat Apel Operasi Patuh Kapuas 2019, di halaman Mapolres Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka persiapan Operasi Kepolisian (Opspol) Kewilayahan "Patuh Kapuas" 2019, Polres Kapuas Hulu melaksanakan apel gelar pasukan, bertempat di halaman Mapolres setempat, Kamis (29/8) pagi.

    Hadir dalam apel tersebut, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, jajaran OPD terkait, TNI, Kejaksaan, Pengadilan dan tamu undangan lainnya.

    Ditemui usai kegiatan, Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu, AKP Sukma Pranata mengungkapkan, dalam Ops Patuh tersebut, sedikitnya ada 8 (delapan) target yang harus dicapai.

    Delapan target tersebut, di antaranya menggunakan helm SNI, menggunakan safety belt, berkendara tidak dalam keadaan mabuk, tidak melawan arus, kemudian kelengkapan surat-surat kendaraan, berboncengan tidak lebih dari dua orang, anak dibawah umur tidak boleh menggunakan sepeda motor.

    Dikatakan AKP Sukma, upaya tersebut untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, terutama anak dibawah umur yang relatif tinggi tingkat pelanggarannya.

    Oleh karenanya, Sukma mengingatkan agar pengawasan orang tua terhadap anak usia produktif ini perlu ditingkatkan.

    "Karena secara emosional anak usia produktif ini belum bisa dikendalikan secara baik oleh mereka," ungkap Kasat Lantas.

    Sukma berpesan, melalui Ops Patuh itu, nanti bisa menjadi langkah dalam mengedukasi masyarakat.

    Pasalnya di Kapuas Hulu sendiri tingkat fatalitas belakangan ini cendrung meningkat, namun jumlah kecelakaan lalu lintas menurun.

    "Untuk itu kami mengimbau seluruh masyarakat Kapuas Hulu, bahwasannya dalam operasi patuh ini tidak untuk mencari kesalahan dalam berkendara, tapi ini untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Maka kami harapkan kepada masyarakat tetap patuhi aturan berlalu lintas," pesan Kasat Lantas AKP Sukma Pranata.

    Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero  yang mengharapkan, agar masyarakat tetap mematuhi lalu lintas, karena trend pelanggaran cendrung meningkat.

    "Ini menjadi tugas kita bersama memberikan sosialisasi kepada masyarakat, kita bukan mencari kesalahan, namun kita ingin memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat, ini demi keselamatan masyarakat kita juga," demikian pesan Wabup.

    Adapun Operasi Patuh Kapuas 2019 itu dilaksanakan selama 14 hari, terhitung dari tanggal 29 Agustus - 11 September 2019.

    Penulis: Tim Liputan (dRe)
    Editor  : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad