Recent comments

  • Breaking News

    Kemasan Inspiratif SMAN 1 Putussibau

    Suasana saat upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, di SMAN 1 Putussibau.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, SMA Negeri 1 (SMANSA) Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menggelar upacara, Senin (28/10).
    Rangkaian kegiatan.
    Upacara tersebut dikiuti oleh seluruh siswa, guru dan staf SMA Negeri 1 Putussibau, bertempat di halaman sekolah setempat.
    Rangkaian kegiatan.
    Kegiatan itu mengusung tema "Generasi Muda Berkualitas Membangun Bangsa Maju dan Berintegritas".

    Rangkaian kegiatan.
    Dalam kegiatan tersebut, para peserta serempak menggunakan berbagai pakaian adat dan pakaian profesi, dimana sebagai upaya untuk memeriahkan acara.

    Para peserta upacara saat memakai pakaian adat dan profesi.
    Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan empat lomba, yang dikiuti oleh seluruh kelas X, XI dan XII IPA dan IPS.

    Kepala sekolah, foto bersama peserta.
    Lomba yang diadakan yakni lomba pidato, lomba bertutur cerita rakyat Kapuas Hulu, lomba fotografer ambahan pemuda dan lomba musikalisasi ikrar sumpah pemuda dan puisi.

    Foto bersama.
    Seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan pun berjalan lancar tanpa ada hambatan dan halangan yang berarti.

    Kepala SMA Negeri 1 Putussibau, Mochamad Djusanudin, S.Pd, M.Si mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 itu, sangat memberi kesan bagi siswa dan diharapkan mampu menjadi semangat euporia jiwa muda membangun bangsa yang bermutu tinggi. Baik itu dari segi budaya yang tersirat dari lomba bertutur cerita Kapuas Hulu, maupun dari rasa cinta kenegaraan dari lomba pidato, fotografer ambahan pemuda dan musikalisasi Ikrar Sumpah Pemuda dan puisi sesuai tema yang diusung.

    Semua itu, sengaja dikemas menjadi suatu kegiatan yang menarik tapi memiliki esensi yang tinggi.

    "Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa serta berprestasi dan bertintegeritas tinggi," ujar Djusanudin.

    Pada kesempatan itu, Djusanudin menyampaikan dua buah pantun, yaitu: "Berkemah ria di hutan rimba, tidak lupa membawa dasi. Mari kita jauhi narkoba, tuk menjadi generasi berprestasi".

    Sedangkan pantun kedua, yakni: "Majapahit punya Gajah Mada, Yogyakarta punya Borobudur, selamat hari sumpah pemuda, semoga Indonesia semakin makmur".

    "Harapan saya adalah agar siswa SMANSA Putussibau mampu mengemban amanah menjadi pemuda yang berkarakter moral dan kinerja yang beriman dan bertaqwa," harap Djusanudin.

    Sementara itu, pembina upacara, Dra. Dwi Kuntarti, dalam amanatnya menyatakan, Hari Sumpah Pemuda adalah hari yang sakral dan bersejarah, oleh sebab itu wajib kita sebagai Guru bersama-sama memeberikan dorongan dan semangat kepada siswa dalam bentuk mendukung kepada mereka untuk berpartisipasi dalam memeriahkan acara sakral tersebut.

    Pada kesempatan yang sama, Iis Mania, S.Pd selaku Ketua  Panitia acara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2019 mengatakan, kegiatan itu dirancang oleh siswa dan Guru SMANSA yang kreatif sehingga menjadi menarik dan memiliki pesan tersirat sesuai tema yang diusung.

    "Generasi muda terutama siswa dan siswi SMANSA Putussibau diharapkan mampu memberi respon positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan," terangnya.

    Penulis: Jurnalisme SMANSA (Fajar Bahari)
    Editor  : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad