Recent comments

  • Breaking News

    PTA SMAN 1 Putussibau: "We Are Team, We Are Scout, Get Success Together With Us"

    Suasana saat Penerimaan Tamu Ambalan (PTA), yang merupakan program kerja Gugus Depan (Gudep) Rahadi Usman dan Cut Nyak Dien SMA Negeri 1 Putussibau. 
    KAPUAS HULU, Uncak.com - SMA Negeri 1 (SMANSA) Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menyelenggarakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA), dimulai sejak 4 - 6 Oktober 2019, bertempat di sekolah setempat.

    PTA itu mengusung tema "We Are Team, We Are Scout, Get Success Together With Us". Artinya: "Kami Adalah Tim, Kami Adalah Pramuka, Dapatkan Sukses Bersama Kami".

    PTA di SMANSA Putussibau.
    Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menjalankan program kerja Gugus Depan (Gudep) Rahadi Usman dan Cut Nyak Dien SMA Negeri 1 Putussibau.

    Adapun kegiatan yang dilaksanakan, pertama yakni upacara pembukaan secara seremonial yang dihadiri oleh Kamabigus, Pembina Pramuka Gudep Rahadi Usman dan Cut Nyak Dien, Dewan Guru SMANSA, Pembina dari sekolah sahabat, dan Perwakilan dari Gudep sekolah sahabat.

    Rangkaian kegiatan PTA SMAN 1 Putussibau.
    Pada saat upacara, dilaksanakan pemasangan secara simbolik tanda peserta dan penancapan mandau pada tunas kelapa oleh Kepala Sekolah yang menandakan dibukanya kegiatan perkemahan.
    Kepala SMAN 1 Putussibau, saat memberikan sambutan pada acara PTA.
    Setelah upacara pembukaan, dilanjutkan dengan acara tambahan yakni adat ambalan perpindahan golongan dari penggalang ke penegak secara simbolis.

    Para penggalang melewati sebatang bambu disaksikan oleh dua Pembina dan dua Penegak yang menandakan para Penggalang telah resmi menjadi anggota Penegak.

    Foto bersama.
    Pada hari kedua, Sabtu malam (5 Oktober 2019), acara perkemahan dimeriahkan dengan acara pentas seni, melepaskan lampion dan penyalaan api unggun.

    Selanjutnya kegiatan ketiga pada hari Minggu (6 Oktober 2019), yakni acara penutupan secara simbolik dengan cara melepaskan mandau dari tunas kelapa yang telah ditancapkan saat pembukaan dan makan bersaprah oleh seluruh peserta dan pembina pramuka.

    Kegiatan itu dikuti oleh seluruh siswa kelas X yang berjumlah 243 orang ditambah dengan sangga kerja (Panitia) sebanyak 57 orang.

    Para peserta sangat antusias mengikuti seluruh agenda kegiatan, acara pun berjalan dengan baik dan sukses terlaksanakan sesuai rencana panitia.

    Kepala SMA Negeri 1 Putussibau, Mochamad Djusanudin, S.Pd. M.Si mengatakan, kegiatan Pramuka PTA itu sangat penting karena sebagai wadah apresiasi pengalaman berorganisasi siswa.

    "PTA ini adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai wadah apresiasi pengalaman kalian, tapi jangan jadikan kegiatan rutin ini sebagai perlakuan tanpa makna dan hanya sebatas dalam Pramuka saja, namun harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Djusanudin saat menyampaikan amanat pada upacara pembukaan.

    Hal senada juga disampaikan  Ketua Gudep Rahadi Usman dan Cut Nyak Dien SMA Negeri 1 Putussibau Halimatussa'diah, MJ, S.Pd, dimana katanya, hasil dari pengalaman mengikuti pramuka itu diharapkan bisa membentuk karakter yang luhur sebagai wujud partisipasi peran generasi dalam membangun bangsa.

    Penulis: Jurnalisme SMANSA (Fajar Bahari)
    Editor  : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad