Recent comments

  • Breaking News

    HPN Pertamakali Digelar di Kapuas Hulu, Sekda Bangga dengan Wartawan

    Noto, wartawan tertua dalam unsur kepanitiaan HPN ke-74 Tahun 2020 di Kabupaten Kapuas Hulu, saat disuap nasi tumpeng oleh Kabag Sumda Polres Kapuas Hulu, Kompol Tedjo Sasono.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Wartawan yang bertugas di Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Dialog Pencegahan Berita Hoax dan Ujaran Kebencian menjelang Pilkada Kapuas Hulu Tahun 2020, bertempat di Grand Banana Hotel Putussibau, Kamis (13/2/2020).
    Ketua panitia HPN Kapuas Hulu, Timotius, saat disuap nasi tumpeng oleh PJ. Sekda, Linda Purnama.
    Kegiatan itu dibuka langsung oleh Pj. Sekda Kapuas Hulu Hj. Linda Purnama, dihadiri unsur Forkopimda Kapuas Hulu, perwakilan Ketua DPRD Kapuas Hulu, perwakilan pimpinan Parpol di Kapuas Hulu, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, pelajar, dan mahasiswa di Kapuas Hulu.
    Suasana saat akan memotong tumpeng.
    Hadir pula dari KPU Kapuas Hulu, Bawaslu dan Dinas Kominfotik sebagai narasumber kegiatan.
    Yohanes Santoso, wartawan termuda dalam unsur kepanitiaan, saat disuap Kabag Sumda Polres Kapuas Hulu.
    Ketua Panitia HPN Kapuas Hulu Timotius menyampaikan, seyogyanya HPN dilaksanakan serentak pada 9 Februari lalu, namun beberapa kendala sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini.

    Peringatan HPN 2020 ini juga yang pertama dilaksanakan di Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Kami selaku insan pers menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah terhadap pers. Khususnya secara nasional, Bapak Presiden RI Joko Widodo yang sudah menghadiri HPN 2020 di Banjarmasin di Kalsel," ungkap Timo.

    Dalam kesempatan itu, Timo juga memaparkan seklumit kisah dalam menjalankan tugas sebagai Jurnalis di lapangan, namun kata dia ada hal yang menggembirakan bahwa melalui Undang - undang Pers, nomor 40 tahun 1999, wartawan bisa memiliki rambu - rambu sekaligus pelindung dalam bertugas.

    Selain itu, dirinya juga mengingatkan bahwa saat ini arus perkembangan teknologi informasi yang semakin deras, maka masyarakat juga hendaknya lebih cerdas dalam bermedia sosial.

    Sementara itu, dalam sambutannya mewakili Kapolres Kapuas Hulu, Kabag Sumda Polres Kapuas Hulu Kompol Tedjo Sasono menyampaikan di era globalisasi seperti sekarang peran pers sangat penting.

    "Karena dunia digital sudah sangat canggih. Maka peran pers juga diharapkan bisa membentengi pengaruh negatif dari luar, untuk mencerdaskan dan mempersatukan bangsa dan negara," ungkap Kabag Sumda.

    Dikatakannya, peran pers sangat penting dalam menyaring berita-berita yang ada di media sosial, sehingga masyarakat tidak terpancing.

    Mewakili Kapolres, Kompol Tedjo juga menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional, semoga kedepan dialog yang sangat penting itu bisa terus diadakan antar pemangku kepentingan.

    Pada kesempatan yang sama, Pj. Sekda Kapuas Hulu Hj. Linda Purnama mewakili Bupati Kapuas Hulu mengaku bangga kepada wartawan atas terselenggaranya peringatan HPN oleh wartawan di Kapuas Hulu.

    "Bapak Bupati menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya HPN 2020, ini bukti konkrit bahwa pers komitmen dalam mengisi pembangunan, menjadi media yang independen dalam Pemilukada di Kapuas Hulu," kata Pj. Sekda.

    Pj. Sekda juga menyampaikan bahwa perkembangan berita online memang sekarang tidak dipungkiri dan sudah menggeser media media cetak.

    Pers diharapkan ikut membangun optimisme masyarakat dengan narasi-narasi yang baik bagi masyarakat. Apalagi  konsumsi media sosial di Indonesia yang cukup tinggi, pengguna Facebook terbesar ke 4 di dunia.

    Di sisi lain masyarakat juga masih minim dengan literasi dan menerima informasi yang diterima, sehingga penggunaan medsos menyebar tanpa melacak kebenaran yang sesungguhnya.

    "Inilah yang menjadi pemicu hoax ditengah masyarakat," tutur Pj Sekda.

    Lebih lanjut Hj. Linda Purnama menyampaikan, pada moment Pilkada, penebaran haox memang semakin gencar, maka melalui dialog yang strategis ini bisa sebagai penyaring atas informasi yang beredar.

    "Dialog ini untuk menjaga agar penyelenggaraan Pilkada berjalan kondusif, untuk menghasilkan pemimpin daerah yang lebih baik di masa-masa yang akan datang," harap Pj. Sekda.

    Bagi pemerintah tambah Pj. Sekda, peran pers sangat penting dalam menyampaikan informasi pembangunan di daerah, dan menyampaikan pesan-pesan moral bagi masyarakat, sehingga berita yang disajikan untuk meningkatkan pembangunan bagi masyarakat. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Amsi

    Post Bottom Ad