Recent comments

  • Breaking News

    Antisipasi Penyebaran COVID-19, KPU Berharap Seluruh Jajarannya Dirapid Test

    Petugas PPS Kabupaten Kapuas Hulu, saat menjalani rapid test di Puskesmas Putussibau Utara, Kamis (25/6).
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Menjelang dilakukannya tahapan verifikasi faktual dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) perseorangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu Tahun 2020, jajaran penyelenggara pemilihan di Kabupaten Kapuas Hulu melakukan rapid test.

    Rapid test tersebut difasilitasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Rapid test ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, mengingat tahapan pemilihan telah dilanjutkan sejak tanggal 15 Juni lalu, dan penyelenggara di tingkat adhok akan melakukan beberapa tahapan pemilihan yang ada beberapa kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pemilih. Misalnya tahapan verifikasi faktual, pencocokan dan penelitian data pemilih, serta punggut hitung," ujar Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu, Ahmad Yani kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

    Dijelaskan Yani, kegiatan verifikasi faktual sesuai dengan jadwal, yakni dimulai dari 24 Juni hingga 12 Juli 2020. Sedangkan pencocokan dan penelitian (Coklit), akan dimulai sejak 15 Juli hingga 13 Agusutus 2020, dan tahapan pungut hitung pada 9 Desember 2020.

    "Terkait rapid test yang dilakujan oleh Pemda Kapuas Hulu ini, dilaksanakan selama dua hari, yakni dimulai hari ini hingga besok. Dimana dalam rapid test ini KPU berharap bisa dilakukan kepada seluruh jajaran penyelenggara mulai dari KPU Kabupaten, PPK, PPS, KPPS termasuk PPDP yang nantinya akan melaksanakan setiap tahapan pemilihan, namun dikarenakan keterbatasan anggaran untuk saat ini belum dapat dilakun kepada semuanya terutama untuk tahapan verifikasi faktual," jelas Yani

    Menurut Yani, berdasarkan hasil koordinasi antara KPU Kabupaten Kapuas Hulu dengan Pemda melalui Dinas Kesehatan atau Tim Gugus Tugas COVID-19 setempat pada Jumat (19/6/2020) lalu, untuk menyiasati keterbatasan anggaran tersebut, pelaksanaan rapid test terhadap penyelenggara di tingkat badan adhok, atas rekomendasi dari Gugus Tugas COVID-19, dengan pertimbangan berdasar kepada jumlah ODP terbanyak di daerah yang terkonfirmasi (positif).

    "Berdasarkan hal tersebut, untuk hari ini dilakukan rapid test di Puskesmas Putussibau Utara, dan besok di Puskesmas Putussibau Selatan, dengan pertimbangan Kecamatan Putussibau Utara dan Selatan termasuk wilayah dengan ODP terbanyak dan wilayah terkonfirmasi (positif) COVID-19," paparnya.

    Adapun untuk menyikapi tahapan pemilihan yang mesti mengacu pada protokol kesehatan, Yani mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, faceshield, hand sanitizer, sarung tangan dan kelengkapan lainnya untuk memastikan petugas aman, sehat  dan selamat dalam menjalankan tugas.

    "Termasuk salah satunya rapiid test ini. Selanjutnya kami akan berkoordinasi dan berkomunikasi lebih lanjut dengan pemerintah daerah terkait dengan pemenuhan APD dan rapid test terhadap seluruh jajaran penyelengga pemilihan sehingga pilkada di Kapuas Hulu ini dapat berjalan aman, lancar dan selamat sesuai dengan harapan kita semua," harap Yani. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan