Recent comments

  • Breaking News

    Selain Dilanda Banjir, Ruas Jalan Bengkayang-Singkawang Juga Tertutup Longsor

    Alat berat (Excavator), diturunkan untuk membersihkan ruas jalan yang tertutup longsor.
    BENGKAYANG, Uncak.com - Hujan deras yang mengguyur Kota Bengkayang, Kalimantan Barat pada Rabu (12/5/2021) malam, sejak pukul 19.00 WIB, menyebabkan Kota tersebut banjir.

    Banjir pada ruas jalan.
    Banjir terjadi setelah Sungai Bengkayang meluap sehingga menggenangi sejumlah rumah warga yang ada di sekitar Kampung Kaum, yakni Jalan Bambang Ismoyo, Jalan Bakti, Jalan Uray Dahlan M Suka, Kelurahan Bumi Emas.

    Atas peristiwa tersebut, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, didamping Kapolres Bengkayang, AKBP NB Darma, Camat Bengkayang, Dominus Robinson, Lurah Bumi Emas, Melly B Marpaung dan lainnya segera meninjau lokasi.

    Namun, bukan banjir saja yang terjadi, melainkan beberapa lokasi terjadi longsor terutama akses Jalan Bengkayang-Singkawang, tepatnya di bawah Tower Telkom asrama Pelajar Anugrah, dan simpang Kampus AKMEN -BS.

    "Pada malam kejadian, kami segera meninjau lokasi banjir dan longsor, setelah sebelumnya ada acara bersama warga Tionghoa di Pekong Ariamarama Bengkayang Jalan Migang," ujar Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis kepada sejumlah Awak Media.

    Menurut Bupati, ketika ia mendapat informasi bahwa terjadi banjir dan tanah longsor, ia segera meninjau lokasi pada saat itu juga.

    "Hari ini, lokasi yang longsor segera kita bersihkan menggunakan alat berat, sejak tadi malam Camat bersama BPDB juga sudah melakukan pekerjaan untuk membuka akses jalan," ungkap Bupati.

    Bupati berharap, hari ini, pekerjaan bisa segera diselesaikan.

    "Kami meminta warga supaya tanggap terhadap bencana karena ini musim penghujan dan beberapa daerah kita rawan banjir, puting beliung dan tanah longsor," imbaunya.

    Sementara itu, Camat Bengkayang, Dominus Robinson, mengatakan, setelah Rabu malam, tepatnya malam Lebaran, pihaknya meninjau lokasi banjir dan longsor.

    Sedangkan pada keesokan harinya, pihaknya segera mendatangkan alat berat untuk membersihkan agar akses jalan, terbuka kembali.

    "Pada malam hari, alat berat telah bekerja hingga tengah malam untuk membersihkan tiga titik longsor, selanjutnya pada hari ini bersama Bupati Bengkayang, kembali kami turunkan alat berat untuk membersihkan longsor yang ada di bawah Telkom tepatnya tak jauh dari simpang SMA Negeri 3 Bengkayang," terangnya.

    Dengan adanya kejadian tersebut, Camat meminta warga agar tetap berhati-hati, sebab dikhawatirkan bisa saja longsor susulan terjadi karena curah hujan masih tinggi.

    "Hari ini hujan Kembali turun deras, maka warga di sekirar bantaran sungai supaya berhati-hati," imbaunya.

    Penulis: Rendi

    Editor  : Noto Sujarwoto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan