Recent comments

  • Breaking News

    KPU Luncurkan Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024


    KPU Kabupaten Kapuas Hulu saat mengikuti acara peluncuran hari pemungutan suara Pemilu serentak 2024. Istimewa

    KAPUAS HULU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti acara peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 secara Daring yang dilaksanakan oleh KPU RI, Senin (14/2/2022). 

    Ketua KPU Ilham Saputra mengatakan, dengan adanya peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak tahun 2024,  masyarakat diharapkan sadar terhadap pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang 

    "Semoga dengan dilaksanakan launching hari ini, kita berharap agar masyarakat  aware terhadap pelaksanaan Pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024," ujar Ilham dalam sambutan peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak tahun 2024 yang disiarkan dari Youtube KPU RI, Senin (14/2/2022).

    Ilham menyebut, kegiatan peluncuran hari pemungutan suara pemilu serentak sebagai juga sebagai sosialisasi agar masyarakat paham terkait penyelenggaraan Pemilu 2024.

    Selain itu, kata Ilham, peluncuran tersebut agar masyarakat nantinya dapat berpartisipasi pada Pemilu 2024.

     "Ini seperti syiar, seperti sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat paham dan aware dan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yang akan datang," ucap Ilham.

    Ilham menyebut, KPU telah memutuskan penetapan jadwal Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden pada 14 Februari 2024 telah tertuang dalam SK Nomor 21 Tahun 2022.

    KPU saat ini terus mempersiapkan baik regulasi menyiapkan SDM, infrastruktur dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

    "Tentu kami tidak akan bisa menyelenggarakan tanpa dukungan dari pemerintah, DPR, para parpol dan stakeholder pemilu lainnya. Biar bagaimana KPU tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak," ujarnya.

    Selain itu, Ilham mengatakan peluncuran hari pemungutan suara diikuti jajaran KPU di 34 Provinisi, KPU Kabupaten Kota, Forkompinda, Partai Politik yang digelar secara hybrid yaitu daring dan offline. 

    Sementara Ahmad Yani Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan dengan peluncuran hari pemungutan suara Pemilu serentak Tahun 2024, artinya KPU mengsosialisasikan hari pemungutan suara yaitu hari Rabu 14 Februari 2024. 

    "Kalau untuk tahapan saat ini KPU sedang menyusun drafnya yang nanti akan dikonsultasikan dengan Pemerintah dan DPR untuk mendapatkan masukan terkait tahapan yang sudah disusun," jelas Yani. 

    Lanjut Yani, karena tadi juga disingung oleh Ketua KPU RI soal lamanya waktu kampanye, dimana KPU sebelumnya mengusulkan masa kampanye itu 120 hari, tapi ada masukan dari beberapa pihak masa kampanye itu 90 hari. 

    "Untuk Pemilu secara nasional ini ada lima jenis pemilihan yakni Pemilu DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota, DPD dan Presiden," ucapnya. 

    Sementara Mohd Zaini Sekda Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan dengan peluncuran hari pemungutan suara ini dirinya berharap dengan peluncuran ini sebagai warning untuk Pemerintah Kabupaten sudah melakukan persiapan Pemilu terutama untuk dana kegiatan ini. 

    "Terutama kegiatan untuk data Pemilu, tentu soal data ini ada kesinambungan dari KPU dengan Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dukcapil terkait data pemilih nampaknya harus segera dilaksanakan oleh KPU," pungkasnya. 

    Dalam kegiatan peluncuran hari pemungutan suara oleh KPU RI ini, di Kabupaten Kapuas Hulu sendiri kegiatan yang dilaksanakan secara daring di KPU Kabupaten Kapuas Hulu selain dihadiri Sekda Kapuas Hulu, juga dihadiri Pengurus Parpol tingkat Kabupaten beserta Forkompinda dan para undangan. (rin) 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak
    Uncak
    Uncak
    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak