Recent comments

  • Breaking News

    Pers Wujudkan Harmonisasi di Daerah


    Bupati Kapuas Hulu saat memberikan sambutan dalam acara peringatan HPN. Istimewa 

    KAPUAS HULU -Insan pers di Kapuas Hulu mengadakan syukuran Hari Pers Nasional tahun 2022 di aula Bank Kalbar Cabang Putussibau, Rabu (16/2/2022). Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Ketua DPRD Kapuas Hulu Kuswandi, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Frans Yohanes Siregar, jajaran Forkopimda dan Instansi Vertikal Kapuas Hulu hadir dalam acara tersebut. Turut serta pula tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan.

    Timotius Ketua Panitia HPN Kapuas Hulu tahun 2022 menyampaikan, bahwa syukuran sederhana tersebut dapat diselenggarakan karena dukungan berbagai pihak. Untuk itu dirinya mengapresiasi dukungan moril dan materil yang telah diberikan kepada panitia pelaksana, baik itu dari pemerintah juga instansi lembaga serta pihak swasta yang telah mendukung.

    "Kami mengapresiasi semua pihak yang telah membantu, mensuport hingga kegiatan ini bisa kami laksanakan," katanya.

    Terkait HPN di Kapuas Hulu, Timotius menjelaskan, bahwa bukan hanya acara syukuran saja yang diadakan. Sebelumnya insan pers Kapuas Hulu telah melakukan aksi sosial bersama warga memperbaiki jalan berlubang di Jalan Amin.

    "Ini tidak ada maksud lain, murni untuk membantu masyarakat dan membantu pemerintah dalam penanganan sementara jalan tersebut, agar masyarakat bisa melintasi dengan nyaman," ujarnya.

    Timotius juga menegaskan bahwa wartawan Kapuas Hulu tetap memegang teguh UU No 40 tahun 1999 tentang pers, juga etika jurnalistik. Ia juga menegaskan bahwa wartawan Kapuas Hulu membuka diri bagi masyarakat dan lintas lembaga, terutama untuk memberikan perimbangan informasi dan menangkal hoax.

    "Sehingga dapat sama-sama berkontribusi untuk persatuan bangsa, memajukan sumber daya manusia dan pembangunan daerah,"ucapnya.

    Sementara Zainudin Tokoh Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan, pandangannya terhadap pers di Kapuas Hulu. Ia menegaskan bahwa pembangunan daerah bertumpu pada stabilitas daerah.

    "Berita yang disajikan sangat berpengaruh terhadap stabilitas daerah, maka dari itu informasi harus berimbang jangan menjurus pada perpecahan," harapnya.

    Menurutnya Pers harus juga bermitra dengan berbagai tokoh, pemerintah, aparat dan lembaga lain. Ini penting karena semua memiliki peran masing-masing dalam pembangunan.

    "Kami berharap insan pers dapat semakin terdepan dalam memberi informasi yang akurat dan berimbang. Sehingga dapat mencapai tema yang diusung, yakni memajukan sdm dan pembangunan daerah," jelasnya.

    Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Frans Yohanes Siregar mengatakan, pers harus didepan lawan hoax yang ancam kehidupan demokrasi. Pers dibutuhkan dalam penyampaian informasi yang benar tentang Covid-19 dan vaksinasi.

    "Pers diharapkan bisa jalin hub baik dengan berbagai pihak. Ini penting demi Kapuas Hulu yang lebih baik lagi," tegasnya.

    Sementara Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan, selama ini media massa aktif memberitakan terkait pemerintahan. Ini sangat dirasakan selama hampir satu tahun menjabat sebagai kepala daerah.

    "Banyak informasi yang disajikan terkait pelaksanaan pembangunan dan yang direncanakan Pemda, sehingga diketahui masyarakat. Kegiatan saya di dalam dan luar daerah juga terpublikasi," ujarnya.

    Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini menegaskan visi misi Kapuas Hulu kedepan yakni Harmonis, Energik, Berdaya saing, Amanah dan Terampil (HEBAT). Pers turut berperan untuk mewujudkan harmonisasi di daerah.

    "Mari kita semua bekerjasama mewujudkan harmonisasi dan toleransi, ini adalah modal utama kita untuk membangun daerah," tuturnya.

    Diitengah keterbatasan anggaran akibat intensitas penanganan masalah Covid- 19. Pihaknya berusaha mewujudkan pembangunan semaksimal mungkin.

    "Kami konsisten dengan membangun dari pinggiran. Kami mulai buka akses dari pedalaman agar bisa ke kecamatan hingga kabupaten. Kami mohon dukungan masyarakat, organisasi, lembaga dan pers serta instansi lainnya, agar pembangunan Pemerintah dapat berjalan dengan baik," pungkasnya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak
    Uncak
    Uncak
    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak