Recent comments

  • Breaking News

    Amankan Pawai Lampion di Putussibau, Polres Kapuas Hulu Kerahkan Personil Gabungan

    Atraksi naga sepanjang 38 meter, meriahkan pawai lampion, dalam rangkaian acara perayaan Cap Go Meh di Putussibau.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka perayaan Cap Go Meh 2574 Kongzili tahun 2023, Polres Kapuas Hulu melaksanakan pengamanan pawai lampion, yang disertai dengan atraksi naga, drumband, kendaraan hias dan barongsai, di seputaran ruas jalan di Kota Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (4/2/2023) malam.

    Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar, S.I.K, melalui Kasi Humas Polres Kapuas Hulu, Iptu Jaspian, mengatakan, sebelum melaksanakan pawai mengelilingi kota Putussibau, naga sepanjang 38 meter itu terlebih dahulu melakukan ritual di depan Klenteng (Pekong) Fuk Tet Chi, yang terletak di komplek Pasar Merdeka Putussibau.

    "Rute pawai tersebut dimulai dari Klenteng Fuk Tet Chi, yang terletak di kompleks pasar Merdeka Putussibau, kemudian menuju Jalan Patimura dan selanjutnya menuju Jalan A. Yani, lanjut ke Jalan Kom Yos Sudarso, lanjut lagi ke Jalan D.I. Panjaitan dan berputar di Tugu Pancasila, lalu kembali lagi ke komplek pasar Merdeka Putussibau," ujar Iptu Jaspian, melalui keterangan tertulis, yang diterima media ini, Minggu (5/2/2023) pagi.

    Jaspian menjelaskan, terkait urutan barisan dalam pawai lampion tersebut, terdiri dari satu unit truk Damkar Yayasan Bhakti Suci, satu unit mobil pick up Damkar Yayasan Bhakti Suci, dua unit mobil hias Cap Go Meh dan satu unit minibus.

    Selain itu, lanjut Jaspian, satu pleton barisan Drum Band Batalyon RK 644/Wls, dua Barongsai Cap Go Meh, dua Ikan Hias Cap Go Meh dan barisan Naga Cap Go Meh.

    "Adapun jumlah pemain naga dengan ukuran panjang sekitar 38 meter dari komunitas Dragon Dance Yayasan Bhakti Suci Putussibau itu sebanyak 45 orang dan tim Barongsai 4 (empat) orang, serta tim ikan hias dua orang," jelas Iptu Jaspian.

    Sedangkan terkait pengamanan, Iptu Jaspian memaparkan, pengamanan tersebut dilaksanakan secara terbuka maupun tertutup oleh personil gabungan, baik dari Polres Kapuas Hulu maupun Polsek Putussibau Utara.

    "Pengamanan pawai lampion, atraksi naga dan barongsai dalam rangka perayaan Cap Go Meh 2574 Kongzili tahun 2023 tersebut dilaksanakan oleh personil dari Kodim 1206/Psb dan Ormas Sahabat Beramal, dimana situasi berjalan dalam keadaan aman, lancar dan kondusif," papar Iptu Jaspian.

    Sebagaimana diketahui, perayaan Cap Go Meh merupakan akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek, yang dilaksanakan 15 hari setelah perayaan Imlek bagi masyarakat Tionghoa.

    Untuk perayaan Cap Go Meh tahun 2023 di Kota Putussibau sendiri, dilaksanakan selama 5 hari yakni dimulai pada tanggal 1 hingga 5 Februari 2023, dimana perayaan Cap Go Meh tersebut akan diisi dengan atraksi Tatung serta Naga, bertempat di kompleks Pasar Merdeka Putussibau pada malam puncak, yang akan dilaksanakan pada Minggu, 5 Februari 2023. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan