Recent comments

  • Breaking News

    Silsilah Kerajaan Jongkong, Raja Pertama Berasal dari Suku Dayak

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH, didampingi Wakil Bupati, Wahyudi Hidayat, ST, dalam acara peringatan hari jadi Kerajaan Jongkong ke-223 tahun, di Kecamatan Jongkong. FOTO: (ISTIMEWA).
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menghadiri peringatan hari jadi Kerajaan Jongkong ke-223 tahun, yang digelar di Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Minggu (19/02/2023).

    Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut, karena menurutnya kegiatan tersebut sangat positif khususnya bagi warga masyarakat Kecamatan Jongkong, dimana masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu maupun masyarakat lainnya mengetahui bahwa di Kecamatan Jongkong juga pernah ada pemerintahan atau kerajaan.

    “Kami juga berterimakasih kepada seluruh panitia dan seluruh pihak yang terlibat, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya bisa terlaksana kembali,” ucap Bupati.

    Bupati menjelaskan, di Kabupaten Kapuas Hulu sudah ada Calender of Event (CoE) 2023, termasuk di dalamnya ada hari jadi Kerajaan Jongkong, dimana sudah bisa ditetapkan sebagai agenda tahunan, untuk tahun-tahun berikutnya, tentu ini bisa dilaksanakan kembali, dengan bantuan dan dukungan seluruh pihak terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu akan membantu supaya terlaksana kembali kegiatan tersebut.

    “Selamat kepada seluruh masyarakat Jongkong, atas terlaksananya kegiatan ini, tentu bukan hanya dalam rangka memperingati kerajaan ini saja, namun bagaimana kita juga menggali seluruh potensi adat budaya yang terjadi pada masa lalu, yang masih dipertahankan sampai saat ini,” tuturnya.

    Lebih lanjut Bupati mengatakan, sebelumnya (tadi) telah dilihat bersama-sama penampilan dari anak-anak, dimana mereka masih mempertontonkan dan membawakan tari-tarian yang menandakan bahwa tarian yang ditampilkan tersebut sudah terjadi sejak dari jaman kerajaaan dahulu kala, sehingga anak-anak (generasi) kita sampai saat ini masih mengenal budaya-budaya pada masa lalu.

    "Tadi kita juga sudah mendengar silsilah dari Kerajaan Jongkong yang disampaikan oleh keturunan ke-4 dari Raja ke-5, dimana tadi bahwa panjang sekali ceritanya dan yang menarik dari yang disampaikan tadi bahwa, untuk raja pertama Kerajaan Jongkong ternyata berasal dari suku Dayak. Artinya ini membuktikan bahwa kita di Kabupaten Kapuas Hulu ini berasal dari satu garis keturunan yang sama, namun mungkin kita hanya berbeda keyakinan atau berbeda agama saja, tetapi secara asal muasal kita adalah satu keturunan,” ungkap Bupati.

    Bupati mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu, harus selalu menjaga kerukunan antar umat beragama, selalu harmonis, serta tetap terus menjaga persatuan dan kesatuan di Bumi Uncak Kapuas (Kapuas Hulu) tercinta ini.

    “Selamat kepada seluruh masyarakat Jongkong atas terlaksananya kegiatan ini, semoga tahun depan kegiatan ini bisa kita laksanakan dengan lebih baik lagi, kita memahami untuk tahap awal ini mungkin masih banyak yang belum terlaksana dengan baik, karena mungkin perlu evaluasi kembali, setelah kegiatan ini mungkin panitia berserta seluruh jajarannya, bisa mengevaluasi kembali apa yang kurang dan apa yang perlu ditambahkan kembali, sehingga untuk pelaksanaan kedepannya lebih mantap lagi, lebih meriah lagi dan lebih hebat lagi,” timpal Fransiskus Diaan.

    Adapun tema yang diusung dalam hari jadi yang ke-223 tahun Kerajaan Jongkong tersebut yakni: "Dengan Memperingati Hari Jadi Kerajaan Jongkong yang ke 223 Tahun, Mari Kita Bangkit Dalam Keberagaman, Maju Dalam Kebersamaan, Mewujudkan Masyarakat Jongkong Hebat, Bermartabat dan Berbudaya". (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan