Recent comments

  • Breaking News

    Aksi Perubahan, Disporapar Kapuas Hulu Luncurkan Program SILOK untuk Tegakkan Disiplin Pegawai

    Peluncuran program SILOK pada Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com -  Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kapuas Hulu, meluncurkan program aksi perubahan yakni program Sistem Informasi Laporan Kinerja (SILOK), Kamis (06/07/2023).

    Peluncuran program SILOK tersebut, bertujuan untuk menegakkan disiplin terhadap para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Disporapar Kabupaten kapuas Hulu.

    Kepala dan Sekretaris beserta para pegawai di lingkungan Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu (foto bersama usai kegiatan). 
    Adapun motto dalam program aksi perubahan SILOK tersebut yaitu 'Disporapar Lebih Disiplin, Lebih Berkinerja". Sedangkan program SILOK tersebut baru ada di Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu di antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

    Program SILOK tersebut digagas berdasarkan tugas Rencana Aksi Perubahan oleh Sekretaris Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu, Piet Soemaryoto, S.Hut, M.Si, saat mengikuti Pendidikan dan Latihan (diklat) Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan 1 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) di Sumedang, Jawa Barat, tahun 2023 ini.

    "SiLOK merupakan sistem informasi laporan kinerja berbasis platform sederhana yaitu google form, dimana ASN Disporapar dapat menyampaikan laporan kegiatan hariannya beserta evidence via platform tersebut, melalui akun Gmail masing-masing, yang kemudian akan divalidasi oleh operator SiLOK," ujar Piet Soemaryoto, selaku penggagas (Leaders in Action), yang juga merupakan Sekretaris Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu itu, saat melaunching dan mensosialisasikan program SILOK tersebut di Aula kantor Disporapar setempat, Kamis (06/07/2023).

    Dijelaskan Piet, lahirnya SiLOK dilatarbelakangi karena rasa peduli terhadap kondisi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Disporapar yang selama ini tingkat kedisiplinannya dinilai masih kurang maksimal.

    "Kurangnya motivasi dan etos kerja pegawai untuk melakukan tanggung jawabnya sebagai ASN, mengakibatkan capaian kinerja tidak maksimal sehingga menjadi penyebab utama tingkat disiplin yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari presensi kehadiran pegawai dan capaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Disporapar dalam satu tahun ke belakang," jelas Piet.

    Menurut Piet, pimpinan perlu melakukan tindakan penegakkan disiplin, agar kinerja pegawai dapat meningkat.

    "Yang paling utama adalah pemimpin harus menjadi contoh teladan bagi pegawainya serta memiliki komitmen yang kuat untuk keberhasilan program tersebut" ungkap Piet.

    Dengan adanya SiLOK ASN tersebut, lanjut Piet, pimpinan dapat memonitor kinerja harian para pegawai. Selain itu, juga dapat menjadi dasar evaluasi kinerja dan pembinaan para pegawai.

    "Dengan berjalannya program ini, diharapkan dapat menambah motivasi dan meningkatkan capaian kinerja ASN khususnya di lingkungan Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu," harap Piet Soemaryoto.

    Sementara itu, Kepala Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh, menyatakan dukungannya kepada sang penggagas, atas peluncuran aksi perubahan program SILOK tersebut.

    "Saya sangat mendukung program SILOK yang diluncurkan oleh Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu ini, dimana program ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan prestasi ASN, khususnya ASN Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu," tutur Chairul Saleh.

    Chairul berpesan kepada para ASN dan Staf, untuk selalu membangun kebersamaan dan disiplin dalam menjalankan tugas. Sebab, kata Dia, disiplin merupakan faktor utama peningkatan kinerja

    "Saya berharap kepada seluruh ASN dan Staf, untuk mendukung program SILOK ini, dimana agar diterapkan dengan baik. Selain itu para ASN maupun Staf, juga agar dapat melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas," terang Abang Chairul Saleh.

    Pantauan media ini, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh ASN, Staf, tenaga kontrak, honorer dan para pegawai lainnya yang ada di lingkungan Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu. (Noto)



    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan