Recent comments

  • Breaking News

    Dosis Vaksin JE di Kapuas Hulu Lebihi Target

    Hari pertama pencanangan imunisasi Japanese Encephalitis (JE) atau Radang Otak di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Pencanangan imunisasi Japanese Encephalitis (JE) atau Radang Otak di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, telah dimulai, bertempat di SDN 1 Kedamin, Putussibau Selatan, Selasa (26/09/2023).

    Pelaksanaan imunisasi JE secara massal pada hari pertama itu dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan.

    Pada kesempatan itu, Bupati Fransiskus Diaan menyatakan, target sasaran imunisasi JE di Kapuas Hulu yakni sebanyak 74.775 orang, yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan dan Desa di Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Untuk kesediaan vaksin JE sendiri di Kapuas Hulu sebanyak 86.510 dosis, dimana lebih dari sasaran atau target imunisasi JE itu sendiri, sehingga stok aman di Kapuas Hulu," ujarnya.

    Bupati menjelaskan, imunisasi JE merupakan program dari Pemerintah Pusat, sehingga harus didukung bersama-sama.

    "Para orang tua jangan khawatir terhadap anak-anaknya yang diimunisasi JE ini, karena vaksin JE sudah terverifikasi aman dan halal," jelasnya.

    Menurut Bupati, virus JE sangat parah, bisa mengakibatkan kelumpuhan dan kematian, sehingga tujuan dari imunisasi tersebut adalah untuk antisipasi.

    "Imunisasi ini bertujuan untuk kebaikan anak-anak, agar tidak terpapar virus Japanese Encephalitis.," terangnya.

    Bupati memastikan, hingga saat ini, belum ditemukan anak-anak di Kapuas Hulu yang terpapar virus JE.

    "Mudah-mudahan dengan adanya vaksin ini, anak-anak kita tidak terpapar virus JE. Oleh sebab itu kami minta dukungan kepada para orang tua dan semua pihak, untuk mensukseskan imunisasi ini," pintanya.

    Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengadilan Penyakit pada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, Kastono, memaparkan bahwa imunisasi JE diberikan kepada anak-anak dari usia 9 bulan hingga usia sebelum 15 tahun, untuk mencegah penularan penyakit JE pada bayi, anak, hingga dewasa.

    "Pelaksanaan imunisasi JE ini sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan RI, tentang pemberian imunisasi JE di Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, dimana dimulai dari tanggal 29 September hingga 29 November 2023," paparnya.

    Kastono menjelaskan, pelaksanaan pemberian imunisasi JE dalam jadwal imunisasi rutin diberikan pada anak usia 10 bulan, setelah kampanye JE, dan dosis pemberian imunisasi JE adalah 0,5 ml, yang diberikan secara subkutan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan