Recent comments

  • Breaking News

    Bupati : Kesehatan Merupakan Prioritas dalam Menjalani Kehidupan yang Berkualitas dan Produktif

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH, saat menghadiri kegiatan aksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-72.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menghadiri kegiatan aksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-72, di Desa Miau Merah, Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, Kamis (11/05/2023).

    Pada kesempatan itu, Bupati mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu serta Ikatan Bidan Indonesia cabang Kapuas Hulu yang telah berkerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

    Adapun kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya, deklarasi ibu hamil (bumil) sehat, aksi bergizi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan terpadu.

    Sedangkan rangkaian kegiatan yang berupa gerakan pemberdayaan bersama masyarakat itu meliputi aksi bergizi pada anak sekolah, pelayanan kesehatan terpadu pada masyarakat dan gerakan ibu hamil sehat.

    "Melalui gerakan aksi bergizi ini diyakini menjadi salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri, edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik," ujar Bupati.

    Dikatakan Bupati, ada pula komunikasi edukasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif, dimana juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting.

    "Pelayanan kesehatan terpadu yang ditujukan kepada masyarakat pada umumnya, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan agar masyarakat dapat hidup sehat dan produktif, dimana hal ini juga merupakan bukti nyata bahwa kesehatan merupakan prioritas dalam menjalani kehidupan yang berkualitas," terang Bupati.

    Lebih lanjut Bupati menjelaskan, gerakan ibu hamil sehat adalah pelayanan kesehatan masa hamil ditujukan kepada semua ibu hamil melalui pemeriksaan USG pada hamil, edukasi gerakan ibu hamil sehat dengan melakukan sarapan bersama, minum tablet tambah darah bersama serta melakukan senam ibu hamil.

    "Deklarasi ibu hamil sehat ini adalah komitmen bersama ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan sesuai standar selama kehamilan dan persalinan,” jelas Bupati.

    Menurut Bupati, strategi pencapaian penurunan AKI dan AKB adalah melalui peningkatan akses pelayanan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan penguatan tata kelola, dengan salah satu upaya terobosan adalah dengan gerakan masyarakat hidup sehat dan dilaksanakan secara bertahap, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.

    “Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas kerjasama Ikatan Bidan Indonesia cabang Kapuas Hulu dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial ini. Saya melihat kegiatan seperti ini sangat bermanfaat langsung kepada masyarakat. Kami selaku Pemerintah Daerah akan siap mendukung pelaksanaan HUT IBI ke-72 tingkat Provinsi Kalimantan Barat, akan dilaksanakan di Kabupaten Kapuas Hulu,” ungkap Bupati Fransiskus Diaan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan